Kamis, 19 Juli 2012

TIPS & TRIK EXCEL

Manual Calculation

Ngejahilin teman yuxx? Hehehe…tips berikut ini dapat dijadikan sarana untuk menjahili orang lain terutama yang baru belajar Excel. Kita akan ubah mode Calculationnya dari Automatic menjadi Manual. Efeknya tentu saja semua formula atau rumus yang ada di dalam workbook kita akan tidak bekerja untuk sementara waktu (sampai file Excel tsb di save).

Caranya? Ok kita mulai dengan membuka menu Excel Options dengan mengklik logo Office pada pojok kiri atas dan klik tombol Excel Options

Maka akan keluar menu seperti dibawah ini, kemudian pilih Menu Formulas pada bagian kiri, ganti Radio Button pada posisi Manual.

Selesailah proses Manual Calculations. Sekarang coba buat rumus penjumlahan antar cell misal sbb:

Diatas adalah menjumlahkan cell B2 sampai B6 pada cell B7. Secara hitungan 2 + 5 + 6 + 8 + 9 = 30 adalah benar, tetapi saat salah satu nilai cell diganti dengan nilai yang berbeda maka Total akan tetap sama seperti gambar berikut :

Angka 6 pada cell B4 diganti dengan 100 maka Total pada cell B7 akan tetap berisi 30

Hahaha…tentu saja akan membuat bingung orang yang memakainya, tetapi ingat jangan keterlaluan ya kalau ngerjain teman, bila teman sudah bingung tolong segera dibantu mengembalikan posisi menjadi Automatic Calculations kembali.

Semoga bermanfaat

~ Semakin banyak kita berbagi ilmu yang bermanfaat, Insya Allah bonus pahala ngalir ~

Salam

Deddy Kusaryono

http://www.derins.web.id
http://www.centrobiz.web.id
http://theliqo.blogspot.com
http://deddykusaryono.blogspot.com

http://www.ebookoke.blogspot.com




The information contained in this email is confidential and may be legally privileged. Views or opinions expressed in this email are those of the author only.
- This email has been scanned by McAfee Email Gateway -

Tidak ada komentar:

Posting Komentar